Keadaan Bumi Sekarang ini

Desember 24, 2009 darisetianingsih

Tentang keadaan bumi kita sekarang nih…. Menyedihkan deh….!!!!

21 aGuStuS 2009

Satu lagi bahasan tentang iklim yang mau aku ulas. Hmmm… aku bener-bener sedih kalau ngeliat keadaan bumi kita ini yang semakin hari semakin nggak nentu. Apalagi kalau dengar isu tentang Global Warming, serem deh… pernah aku dikirimin cerita dari teman, yang menggambarkan tentang kehidupan anak, cucu kita nanti, kalau udah nggak ada air. Nggak ada lagi tumbuhan. Dan semua itu disebabkan oleh tangan-tangan kita yang hidup disaat ini. Nggak ada lagi mandi berjam-jam karena air yang makin terbatas. Untuk sekedar mencuci muka saja mungkin sulit. Masuk diakal sih… apalagi kalau nggak ada yang mau memikirkan semua itu.
Yang bikin ngeri lagi, beberapa hari yang lalu aku sempat membaca sebuah artikel dari Majalah Media Kawasan edisi Juli 2008, sebuah majalah gratisan yang diberikan pada pemilik rumah di perumahan-perumahan elite. Aku nggak sengaja mendapatkannya dari ayahku, beliau memang suka sekali membaca, dan dia nggak akan segan membawa majalah yang isinya mengandung ilmu pengetahuan.
Kubaca salah satu judul yaitu “Kissing The Earth Goodbye, in about 7.59 Billion Years” aku ngeri banget baca judulnya. Disana diceritakan Bila alam dibiarkan berjalan begitu saja, tanpa bom nuklir dari perang dunia ke-3 atau ditabrak meteor, sekitar 7.59 milyar tahun lagi, bumi akan tersedot dari orbit sekarang, semakin mendekati matahari, air akan menguap dengan cepat, dan bumi akan kering. Hal ini dikalkulasikan oleh dua ahli astronomi: Klaus-Peter Schroeder dari University of Guanajuato di Meksiko dan Robert Connon Smith dari University of Sussex di Inggris.
Aku kaget, membayangkannya 7.59 milyar tahun? Tahun depan BBM, minyak goreng, tempe dan beras akan melejit dan kita nggak akan pernah tau kalau ternyata 7.59 milyar tahun lagi bumi kita tercinta ini akan hilang, mau kemana kita?

Masalah utama bumi adalah matahari, yang akan membesar bertahap, perlahan-lahan dan semakin terang, menurut teori evolusi perbintangan. Dalam 4.5 milyar tahun pertama, menurut model tersebut, matahari telah bertumbuh sekitar 40% lebih terang.
Dalam beberapa abad mendatang, kehidupan di bumi akan menjadi semakin panas dan lembab serta tidak nyaman, dan pada akhirnya kehidupan di bumi akan menjadi tidak memungkinkan. Sekitar 1 milyar tahun dari sekarang, matahari akan semakin lebih terang 10%. Samudra di bumi akan mendidih. Matahari akan kehabisan bahan bakar hydrogen di inti matahari sekitar 5.5 milyar tahun dari sekarang dan mulai membakar hydrogen dari lapisan yang mengelilingi matahari. Sehingga inti matahari akan menyusut dan lapisan luar akan meluas dengan cepat seiring matahari berubah menjadi raksasa merah. Dan bumi akan berputar di atas raksasa merah yang terbakar dan menghasilkan gaya gesek pada matahari. Gaya gesek tersebut akan menyebabkan tonjolan, ekor yang mencuat keluar dari matahari, bergerak mengikuti bumi.

Tarikan gravitasi dari tonjolan ini akan melambatkan bumi dan menyebabkan bumi memutar ke dalam, dimana gesekan dari gas pada atmosfir matahari yang meluas menyebabkan semakin banyak perlambatan.
Serem banget yah kalau membayangkan ini semua? Yah itulah hidup harus selalu berputar. Mungkin itu baru salah satu kejadian yang akan terjadi apabila kita benar-benar menjaga bumi. Tapi gimana kalau nggak kita jaga? Kita semua juga tahu, setiap hari penggunaan BBM nggak pernah berkurang, penebangan pohon marak dimanapun. Hmmm… memang kita harus melakukan sesuatu dari sekarang. Aku punya beberapa ide untuk memperlambat ini semua.

  • Mengurangi penggunaan BBM(Bahan Bakar Minyak), dengan beralih ke BBG(Bahan Bakar Gas).
  • Mencoba solusi lain dalam memasak, yang biasanya menggunakan minyak tanah atau gas, bisa mulai kita gunakan kompor batu bara.
  • Mengurangi konsumsi plastik yang terlalu banyak, karena plastik merupakan bahan yang sulit sekali dilebur dalam bumi.
  • Memulai semuanya dari diri sendiri.

Sulit memang mewujudkan semua itu, tapi kita musti mencobanya pelan-pelan.

global-warming-before-after

Fakta

  • Bumi makin panas bo……
  • Ada orang yang masih berfikiran “ngapain pusing2 mikirin global warming”…kok bisa ya…????
  • You know……….kendaraan makin banyak…macet dimana2…boros bensin, polusi… Wowww!!!!!!!!!!
  • Yuk…mulai dari kita gak boros energi…( contohnya : kalo pake listrik gak berlebihan…… )
  • Effek rumah kaca
    1. Panas matahari merambat melalui atsmosfer
    2. Sebagian panas matahari diserap oleh bumi dan memanasinya
    3. Panas matahari sebagian di pantulkan kembali oleh atsmosfer dan bumi
    4. Panas matahari sebagian dipantulkan kembali oleh bumi
    5. Sebagian panas yang dipantulkan bumi diserap oleh gas2 di atmosfer sehingga menahan panas keluar atmosfer.
  • Gas Rumah Kaca adalah gas di atmosfer yang berfungsi seperti panel kaca yang ada dirumah kaca. Tugasnya menagkap energi panas matahari supaya tidak terlepas kembali ke atmosfer. Kategori gas rmh kaca adalah : CO2 ( Karbondioksida), NO2 ( Nitro Oksida), CH4 ( Metana ). Sebenarnya, tanpa hadirnya gas2 ini, panas akan menguap keangkasa dan temperatus rata2 bumi menjadi 60 der F ( 33 der C ) lebih dingin.
  • 202817_global-warmingSmall
  • global-warming-is-happening-to

To be continue ya………..

Tinggalkan sebuah Komentar

Entry Filed under: Uncategorized

4 Comments Add your own

  • 1. MEYSI  |  Mei 27, 2010 pukul 5:04 am

    Manusia gak nyadar bumu lagi terancam,keenakan aja orgnya sekarang tanpa nyadar kedepean bumi kita gak tau mau jadi gimana,Tingkatkan kesadaranya woi para penghuni bumu.,SADAR..SADAR!!!

    • 2. darisetianingsih  |  Juni 19, 2011 pukul 4:18 am

      IYA SIP kta hrus meningkatkan ibadah and sabar , jngan suka pada ribut

  • 3. Albert Fernando  |  Maret 3, 2011 pukul 2:03 am

    aduh kasihan bangat yah bumi teh
    kata mama loren 2012 kiamat……
    apa mungkin mama loren omongannya benar ?????

    • 4. darisetianingsih  |  Juni 19, 2011 pukul 4:16 am

      kan itu kata mama loren yang menentukan te2p ALLAH SWT


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Halaman

Kategori

Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
    Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: