PENGGUNAAN RUANG MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS

Desember 18, 2009 darisetianingsih

PENGGUNAAN RUANG MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN DI

KELAS

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia

Dosen Pengampu:Siti Anafiah, S. S. , M. Pd.

Disusun Oleh:

Nama :Darisetianingsih

NIM :29015135

Kelas đŸ˜€

PROGRAM STUDI S-1 PGSD

FAKULTAS KEGURUN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA

YOGYAKARTA

2009

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi telah menjadi pemicu terhadap upaya perubahan system pembelajaran di sekolah baik di sekolah dasar, sekolah menengah maupun sekolah tinggi. Pemanfaatan teknologi merupakan kebutuhan mutlak dalam dunia pendidikan(persekolahan) sehingga sekolah benar-benar menjadi ruang belajar dan tempat siswa mengembangkan kemampuannya secara optimal, dan nantinya mampu berinteraksi ke tengah-tengah masyarakat.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memiliki teknologi penunjang sehingga bisa menjadikannya sebagai media pembelajaran yang menarik, interaktif dan mampu mengembangkan kecakapan personal secara optimal, baik kecakapan kognitif, afektif, psikomotorik, emosional dan spiritualnya.

Guru atau dosen perlu cara yang mampu menggugah motivasi siswa untuk belajar, karena guru atau dosen bukanlah satu-satunya objek pembelajaran, namun perannya lebih besar sebagai mediator transfer ilmu. Berkaca dari realita penyajian materi yang disajikan melalui televise lebih menarik daripada penyajian materi di dalam kelas.

Penggunaan ruang multimedia merupakan pilihan yang sangat popular saat ini sebagai wujud implementasi e-learning. Guru atau dosen menggunakan fasilitas computer/ laptop dan LCD, materi disusun dalam format presentasi atau menggunakan pemutaran video yang berkaitan dengan materi. Perubahan demi perubahan, khususnya dalam bidang teknologi informasi telah menghantarkan manusia memasuki era digital.

Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representative untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN(Local Area Network) , LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone untuk mendengarkan suara komputer induk(server) , microphone dan soundsystem yang berfungsi sebagai pengeras suara, sambungan internet, printer dan AC jika memungkinkan.

Untuk ini dibutuhkan penyediaan sarana computer/ laptop, LCD, headphone, beban operasional yang semakin besar serta biaya perawatan yang juga mahal. Ruang multimedia dapat digunakan untuk semua bidang studi baik untuk penyampaian materi melalui audio-visual(layar LCD) , audio saja(headphone) yang biasanya digunakan untuk program bahasa, penyampaian tugas/ ulangan kepada siswa.

B.Rumusan Masalah

Dengan memperhatikan latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut.

  1. Apakah pembelajaran berbasis ICT(Information Communication Technology) ?
  2. Apa sajakah komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis ICT ?

  3. Apakah jenis kegiatan yang dapat dilaksanakan menggunakan ruang multimedia ?

C. Tujuan Penulisan

Makalah ini bertujuan sebagai berikut.

  1. Memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Indonesia.

  2. Mengetahui apa itu pembelajaran berbasis ICT(Information Communication Technology) .
  3. Mencari tau komponen apa sajakah yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis ICT(Information Communication Technology) .
  4. Mengetahui jenis kegiatan apakah yang dapat dilaksanakan menggunakan ruang multimedia.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Pembelajaran Berbasis ICT(Information Communication Technology)

Pembelajaran berbasis ICT adalah pembelajaran Standar Internasional yang dapat dilaksanakan, salah satunya dengan penggunaan ruang multimedia yang tersediadi sekolah. Ruang multimedia yang dimaksudkan adalah ruangan yang di dalamnya terdapat beberapa komputer yang cukup representatif untuk seluruh siswa dalam satu kelas dan sudah disetting dengan LAN(Local Area Network), LCD untuk menayangkan presentasi guru, headphone di tiap komputer untuk mendengarkan suara guru dari komputer induk, mikrophone dan sound sistem yang berfungsi sebagai pengeras suara sehingga dapat terdengar oleh seluruh siswa dalam kelas, sambungan internet, printer, AC(Air Conditioning). Dalam proses pembelajaran menggunakan multimedia, bentuk-bentuk informasi yang dapat ditampilkan berupa kata-kata, gambar, video, musik, angka, atau tulisan tangan. Bagi komputer bentuk informasi tersebut, diolah dari data digital (yang terdiri dari nol sampai satu). Sehingga memudahkan siswa dalam menyerap dan mengingat materi-materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran.

B. Komponen yang Perlu Dipersiapkan untuk Melaksanakan Pembelajaran Berbasis ICT

Adapun komponen yang perlu dipersiapkan untuk melaksanakan pembelajaran berbasis ICT(Information Communication Technology) dengan menggunakan ruang multimedia antara lain.

1.)Sarana elektronik(komputer/laptop, LCD, headphone dan lain-lain).

2.)Kemauan siswa dan guru atau dosen untuk melakukan renovasi pembelajaran.

3.)Sumber daya manusia(siswa dan guru atau dosen).

4.)Kesiapan sekolah untuk menanggung beban operasional dan biaya perawatan.

C.Jenis Kegiatan yang dapat Dilaksanakan Menggunakan Ruang Multimedia

Jenis kegiatan atau tugas guru yang dapat dilaksanakan menggunakan ruang multimedia antara lain.

1.)Menyampaikan materi(presentasi). Salah satu bentuk tugas yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah menyampaikan materi pelajaran menggunakan media komputer/laptop dan LCD. Materi disampaikan kepada siswa dengan menayangkan materi pada layar dan siswa dapat mengikuti bersama-sama. Keterampilan yang dapat digunakan yaitu dengan mengolah materi menggunakan program Microsoft Power Point. Kemudian dapat dikembangkan lagi menggunakan program Windows Movie Maker, Ulead Video Studio dan lain-lain. Bahkan dengan menayangkan video yang berhubungan denagan materi juga bisa dilakukan tanpa guru.

2.)Memutar lagu/musik disela-sela kegiatan belajar siswa, misalnya saat siswa mengakses materi pelajaran melalui internet.

3.)Memutar video yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

4.)Menampilkan gambar yang berkaitan dengan materi pembelajaran.

5.)Mengirim informasi/pesan dari guru atau dosen (komputer server)ke siswa(komputer client).

6.)Mengirim tugas/ulangan kepada siswa dan mengumpulkannya kembali melalui komputer server.

7.)Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengakses materi melalui internet.

8.)Menggunakan ruang ini sebagai laboratorium bahasa karena di dalamnya terdapat headphone yang disambungkan dengan tiap komputer dan bisa mendengar suara guru dari komputer server. Upaya membuat anak betah belajar di sekolah dengan memanfaatkan teknologi multimedia, sehingga sekolah tidak lagi menjadi ruangan yang menakutkan dengan berbagai tugas dan ancaman yang justru mengkooptasi kemampuan atau potensi dalam diri siswa. Untuk itu peran serta masyarakat dan orang tua, komite sekolah merupakan partner yang dapat merencanakan dan memajukan sekolah.

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2009
S S R K J S M
    Jan »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: